Anak Nggunung Kidul ke Thailand


Sensasi pijat Thai. (foto: gambangsemarang.com/hmb)

Facebook mengingatkan setahun silam saya dan Bunga Krisan ke Thailand, layat mangkatnya Raja Bhumibol. Mumpung sempat, sekalian ngetes ingatan, saya tuliskan cerita sekilas perjalanan. Mungkin berguna bagi yang cari referensi bikin itinenary jika mau melawat ke sana. Satu catatan pembuka: Thailand ramah pada turis, sehingga negaranya penuh turis. Padahal destinasinya tak lebih bagus dari yang kita punya.

Ladyboy di Chao Phraya

Tak ada beda waktu Jakarta dan Bangkok. Yang pakai Blackberry tentu ngeh, standar waktu yang tersedia adalah Bangkok seturut kurang ajarnya RIM tak sediakan pilihan standar waktu Jakarta. Taruh bawaan di penginapan di bilangan Skhumvit, senja itu kami naik MRT ke Sungai Chao Praya, menyeberang naik kapal gratisan. Tujuannya ke Asiatique Night Market, sebuah pusat keramaian di tepi Chao Praya.

Asiatique ini menarik, kawasan heritage yang dikemas dengan format kekinian. Dermaga lama yang dikembangkan menjadi tempat pelesiran. Jika hanya dijadikan museum atau kawasan kota tua pasti lebih sedikit yang datang. Di sana kita belajar sejarah Thailand. Selain beragam wahana, pusat kuliner, ada juga pertunjukan laki-laki cantik, ladyboy. Wajib nonton, free your mind.

Sampai malam kami di sana, jumpa Ibu Linda Gumelar dan anak cucunya, setelah sebelumnya ketemu di Cengkareng. Belum saling menyapa, mungkin sama-sama males ngomongin pilkada. Setiap mau ketemu saling menghindar sejak di tikungan.

Anggur dan Kebun Bunga Matahari

Hari kedua kami ambil destinasi yang jauh dulu, ke daerah Khao Yai, di provinsi kecil Lopburi, 3-4 jam perjalanan dengan mobil dari Bangkok. Ini daerah pegunungan, gestur alamnya persis kampung saya Gunung Kidul, hanya lebih basah dan minus pantai. Khao Yai dikembangkan menjadi kawasan wisata yang butuh seharian untuk menjelajahinya.

Ada kawasan taman nasional yang nggak seangker taman nasional kita. Monyet-monyet di jalanan, di Taman Safari kan banyak juga. Satu pengalaman berbeda hanya ketemu gajah joging di track pengunjung. Semua takut. Sempat bantu motret rombongan turis lokal di sana.

“Terima kasih, kamu dari mana?”

“Indonesia.”

“Oh, Assalamualaikum”

“Wa’alaikum salam”

Banyak destinasi dikembangkan di sana. Kalau taman-taman bunganya, nggak lebih bagus dari Selekta. Tapi ada dua yang menginspirasi: pabrik wine dan kebun bunga matahari. Wisata pabrik wine di PB Valley adalah wisata mengintip proses pembuatan wine dari sejak di kebun sampai pengolahan. Dari kebun, pengunjung boleh minum mencicipi perasan anggur. Saya mencoba, sambil berprasangka siapa tahu minum anggur perasan itu enggak haram. Di pabrik wine ini saya meresapi bahwa bisnis yang berangkat dari cinta bisa berkembang luar biasa. Pendirinya pecinta wine garis keras.

Inspirasinya: bikin beginian kan banyak potensi ya di tanah air? dari kebun Salak, Apel, sampai buah apapun juga ada.

Sore hari masih di Khao Yai, kami ke lembah yang berhektare-hektare hanya ditanami satu jenis bunga: Bunga Matahari. Saya potret Bunga Krisan di kebun Bunga Matahari. Dua kecantikan berpadu, kalau hasilnya jelek itu salah yang pegang kamera.

Saat sudah di Jakarta, saya usulkan ke Kang Dedi, carilah satu bukit di pinggir Cipularang untuk ditanami satu jenis bunga. Nanti orang-orang dari dan mau ke Bandung pasti banyak yang mampir buat selfie. Bisa jadi duit, dan dampak lain adalah terkereknya popularitas. Dengan berkah bukit bunga itu niscaya akang bisa lebih terkenal dibanding Kang Emil. Dia iya-iya aja, tapi yang dilakukan malah membangun bukit khusus untuk monyet biar nggak menjarah kebun warga Purwakarta. Kang Dedi tea.

What's Your Reaction?

Mewek Mewek
0
Mewek
njelehi njelehi
0
njelehi
Hajinguk Hajinguk
1
Hajinguk
Njengkelke Njengkelke
0
Njengkelke
apik boss apik boss
1
apik boss
Ngekek Ngekek
0
Ngekek
Aseek Aseek
0
Aseek
Kemaki Kemaki
0
Kemaki
Kakekane Kakekane
1
Kakekane

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format