Anis Matta Harus Menandingi Dilan


Pacaran dalam rumah tangga, senantiasa menumbuhkan cinta. (foto: gambangsemarang.com)

 

Meledaknya film Dilan yang bercerita tentang kisah cinta era 90-an, bisa jadi akan tampil lebih dewasa jika Anis Matta yang menulis novelnya. Sukses Dilan adalah sukses Pidi Baiq menulis trilogi novelnya.

Dalam doa novel awal, Pidi Baiq sukses mengaduk-aduk emosi pembaca millenial dengan menggunakan perspektif sebagai Milea. Dalam novel itu, Milea bercerita tentang jendral geng motor ber-CB Gelatik.

Nah, Novel berikutnya adalah jawaban dari dua novel pertama. Pidi Baiq menulis kisahnya sebagai pacar Milea. Jangan heran kalau judulnya “Milea, Suara dari Dilan.”

Tiga novel itu memang banyak berisi qoute cinta yang diklaim bikin cewek banyak meleleh. Pidi Baiq memang terbaiq. Benar? Tunggu dulu. Ada satu talenta yang selama ini mumpet. Anis Matta. Ya Anis Matta, politisi yang pernah jadi Presiden Indonesia PKS.

Jika Anis Matta menulis novel dan di dalamnya diumbar kalimat-kalimat gombal, yakinlah kalau Pidi Baiq akan lewat. Alasannya sepele, quote cinta Anis Matta lebih dewasa. Pasti lebih ngetop di kalangan pembaca yang lebih dewasa. Kalau satu segmen dengan Pidi Baiq, ya embuh.

Coba bayangkan, dalam sebuah scene rumah tangga yang tanpa didahului pacaran, ada seorang akhi-akhi merayu pacar halalnya. Tentu itu upaya menumbuhkan cinta.

“Ah ukhti, percayalah, antum tahu tidak semua kata cinta lahir dari cinta, sebab tidak semua yang terkata selalu datang dari jiwa. Tapi cintaku akan meruntuhkan semua yang tak terkata.”

Sebagai pacar halal solehah, maka dalam novel Anis Matta itu akan dijawab dengan mata berkaca-kaca terharu. Sang ukhti menunduk, sambil memainkan ujung hijab syari’-nya.

“Akhi, cinta memang harus berkembang jadi kata. Sebab itu membuatnya nyata. Dan meyakinkan.”

Nah kan. Itu baru dua qoute dari Anis Matta dengan satu adegan. Coba bayangkan jika kalimat-kalimat adem penuh cinta bertebaran dalam rumah tangga.

Dalam sebuah novel lain, Anis Matta akan bercerita tentang seorang jomblo yang selalu berjuang menggapai cinta asmara. Tokoh dalam novel itu menjalani cinta tak hanya secara fisik, ia mencurahkan segenap, seutuh, seluruh, sepenuh jiwa spiritualnya untuk mencinta. “Risalah Hati Sang Pecinta”, begitu kira-kira judulnya.

Dalam sebuah scene, sang tokoh bernama Ma’ruf, anggap aja gitu, akhirnya terpuruk di sudut musala. Usai bersembahyang, ia hanya berucap ringan.

“Pesona jiwa raga adalah satu kesatuan pembentuk cinta. Jadi biarkan aku menapaki jalanku, jalan sang pecinta.”

Ma’ruf akan menjadi sosok akhi-akhi keren yang digandrungi ukhti-ukhti solehah. Ma’ruf akhirnya jadi pendakwah cinta, meski ia mengorbankan perasaannya.

“Lupakan cinta jiwa yang tak bersemi di pelaminan!” kata Ma’ruf tegas.

Eduun. Membayangkan rangkaian quote cinta Anis Matta saja saya sudah membayangkan pasti filmnya akan meledak. Seperti “Ayat-ayat Cinta” Kang Abik.

Mudah-mudahan saja, Anis Matta, eh ustad Anis Matta tak membuang waktu dengan keinginan sederhana menjadi presiden Republik Indonesia. Toh blio pernah jadi presiden juga.

 

What's Your Reaction?

Mewek Mewek
0
Mewek
njelehi njelehi
0
njelehi
Hajinguk Hajinguk
1
Hajinguk
Njengkelke Njengkelke
0
Njengkelke
apik boss apik boss
0
apik boss
Ngekek Ngekek
0
Ngekek
Aseek Aseek
0
Aseek
Kemaki Kemaki
0
Kemaki
Kakekane Kakekane
0
Kakekane

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format