Cagub Jateng Harus Kenal Mr Saechu


Bersama Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi SSos. (foto : gambangsemrang.com / dok.pribadi)

Namanya Saechu. Dia seorang reporter radio, tapi bisa berperan sebagai videografer juga. Selain itu juga seorang penyiar radio.

Entah apa pertimbangannya, ia sempat ngetop dengan nama Alvian. Nggak bersyukur dengan nama pemberian orang tua?

“Bukan mas. Jadi penyiar kan memang harus menggunakan nama udara. Seperti kawan saya mas Dracula, mas Jamal, dan yang lain,” suatu saat ia pernah membela diri.

Dalam tiga bulan belakangan, Mr Saechu ini sudah bertriwikrama. Jika Kresna triwikrama menjadi Brahala, Mr Saechu ini triwikrama menjadi mister Icip-icip.

Di sesela waktunya berkarya, ia selalu menyempatkan diri icip-icip kuliner-kuliner di seputar Semarang. Dan yang selalu dicicipi adalah masakan Bu Dewi. Istrinya.

Lha yo jelas to, kalau ujug-ujug ngicipi masakane istri orang ya namanya bukan icip-icip. Tapi ndremis. Apalagi kalau ngicipi istri orang, nggak deh.

“Saya sempat dibilang 44 mas. Dianggap kenthir karena membuat vlog yang isinya ngicipi masakan istri dan memberi penilaian,” kata Mr Saechu.

Ngicipi masakan sendiri dianggap kenthir? Ah, tenang saja mas. Itu mungkin yang bilang kenthir adalah kaum Bumi Datar.

Selain hobi ngicipi masakan istri dan membuat vlog, Mr Saechu ini juga sangat sayang pada keluarganya. Ngicipi masakan dan menilainya, itu adalah bagian dari mengeramatkan istri.

Katanya, ini katanya lho. Kata Saechu, dengan mengeramatkan istri, akan menjadikan seorang suami lebih hormat, lebih menjaga, dan apresiatif terhadap apapun yang menjadi karya sang istri.

“Pak Darmanto Jatman almarhum bilang istri sangat penting. Kata Mas Prie GS, dari istri semua rejeki kita bisa barokah. Kalau nggak percaya, baca puisinya pak Darmanto, atau sowan ke Mas Prie GS dan nanya sana,” kata Saechu.

Lho…kosik. Yang nggak percaya itu ya siapa.

Awal mula ia menjadi mister Icip-icip sehingga bisa memiliki manajer dan dirindukan banyak orang, diniatkan untuk berbagi kegembiraan. Saechu mengaku sangat gembira jika istrinya memasak untuknya.

“Tandanya dia nggak marah. Nggak ngambek. Bayangkan, bangun tidur sudah disiapkan kopi panas atau the panas. Trus mau sarapan menu sarapan sudah disediakan dan selalu berganti. Pokoke lheb godhek,” kata Saechu.

Berbagai kuliner di Semarang sudah pernah dicicipi Mr Saechu, kecuali yang belum. Dia sangat hafal, sambal goreng rambak paling enak dimana, tahu gimbal paling joss dimana, mie kopyok paling hits dimana, bahkan oblok-oblok godong kates terdahsyat yang paling enak juga hafal. Yang khas Semarang macam Mangut Ndas Manyung, pasti dia paham juga, mana yang paling heboh. Yang dia nggak hafal hanyalah yang belum dia hafal saja. Gimana mau hafal kalau dia memang nggak hafal? Bingung? Ben.

Dari kesibukannya menjadi mister icip-icip ini, Mr Saechu sekarang menjadi sosok paling diburu sejumlah pejabat untuk dimintai rekomendasi. Rekomendasi calon gubernur? Ya nggak lah. Itu sudah lewat. Calonnya hanya dua. Mas Ganjar Pranowo dan Om Sudirman Said.

Mr Saechu diburu untuk dimintai rekomendasi makan yang nyoss dimana. Dan itu memang sudah passion dia. Mau gimana lagi. Nggak usah komplain tentang good looking atau nggak. Sing penting dinikmati, disyukuri, penaakk tenan. Eh ya, yang dicetak miring itu jadi jargonnya.

Nah kenapa judul tulisan ini  Cagub Jateng harus kenal Mr Saechu? Ya karena kalau nggak kenal dia, berarti kan harus kenalan. Kalau nggak mau kenalan ya nggak papa. Nggak maksa. Demokratis kok.

Mr Saechu memang dikenal sebagai sosok yang gampang bersyukur. Salah satu buktinya adalah ketika ia dan Bu Dewi, sang istri ditawari untuk memperluas wilayah ketika menjaring pelanggan warungnya, justru ditolak.

“Isteri saya yang nggak mau. Baginya, warung mungil di Pasar Purwogondo itu sudah lebih dari cukup. Asal dinikmati, disyukuri, insya Allah penak tenan,” katanya.

Sebagai suami pendamba barokah istri, tentu saja Mr Saechu setuju. Toh dengan posisinya saat ini, ia bisa mencicipi warung-warung lain tanpa harus membayar. Lho?

“Iya, karena biasanya yang mbayari orang-orang yang ngajak saya dan menraktir. Penak tenan to?”

Yang ingin tahu gayanya yang ngaco namun elegan, klik disini. Semua serba spontan.

What's Your Reaction?

Mewek Mewek
0
Mewek
njelehi njelehi
0
njelehi
Hajinguk Hajinguk
1
Hajinguk
Njengkelke Njengkelke
0
Njengkelke
apik boss apik boss
1
apik boss
Ngekek Ngekek
0
Ngekek
Aseek Aseek
1
Aseek
Kemaki Kemaki
0
Kemaki
Kakekane Kakekane
0
Kakekane

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format