Dilan vs Dirman


Kisah cinta Dilan-Milea di tahun 90 sukses menangguk jutaan penonton. Banyak yang termehek-mehek karena baper. Bayangkan saja, saat itu belum ada gadged dan sosmed. Tentu menahan rindu itu sangatlah berat.

Dilan harus ke bilik telepon umum koin dan menelepon. Karena saat itu tak semua rumah memiliki sambungan telepon. Beda dengan sekarang, bahkan seorang bisa punya lebih dari satu gadged.

Hendak menelepon Milea, eh ternyata Dilan nggak punya koin. Berat. Resiko itu masih ditambah jika yang mengangkat telepon bukan Milea, namun bokapnya yang gualak banget. Waduh.

Menjadi lumrah jika Dilan banyak menghasilkan gombalan seru. Gombalan faktual.

Kegalauan Dilan, saat ini rupanya masih dirasakan Dirman. Dirman yang dimaksud adalah Sudirman Said, mantan menteri yang nyalon jadi calon gubernur.

Dalam roadshow ke beberapa daerah (padahal ia belum resmi jadi calon lho), Dirman mengaku galau. Bukan karena chat-nya centang biru tapi nggak dibales. Dirman bilang ia banyak mendengar cerita-cerita kemiskinan.

Lha salah sendiri, berkunjung kok ke orang miskin. Coba kalau Dirman berkunjung ke cewek cantik sekelas Milea Vanessa Priscillia, tentu bedda dong galaunya. Yang jelas, gubernur sudah berganti beberapa kali, orang miskin tetap saja ada.

“Pak Dirman mau memerangi kemiskinan juga?”

Gini om. Peperangan itu dalam semua cerita silat Kho Ping Hoo selalu mendatangkan kesengsaraan. Dan yang paling sengsara adalah rakyat. Jadi simpan dulu galaumu jika ingin memerangi kemiskinan.

Sesuai nasehat orang tua, bahwa urip kuwi mung mampir ngombe hidup yang paling menentramkan adalah perdamaian. Jadi sebaiknya sampeyan menggantikan peperangan dengan yang lebih romantis.

Misalnya mencontoh Dilan yang hendak meramal Milea. “Boleh gak aku ramal? Aku ramal kita akan ketemu di kantin.”

Bilangin aja tuh kemiskinan, “Jangan suka menemani rakyat. Berat. Biar aku aja.” Tentu ucapan itu harus dibuat seromantis mungkin. Biar kemiskinan klepek-klepek dan manut sama sampeyan.

Nah, nanti kalau dah jadi gubernur, “Jangan Ngapusi, Jangan Korupsi. Berat, biar aku aja.”

Lah, ini mau ngomongin Dilan malah jadi Dirman. Gak jelas banget. []

 

What's Your Reaction?

Mewek Mewek
0
Mewek
njelehi njelehi
0
njelehi
Hajinguk Hajinguk
2
Hajinguk
Njengkelke Njengkelke
1
Njengkelke
apik boss apik boss
0
apik boss
Ngekek Ngekek
0
Ngekek
Aseek Aseek
0
Aseek
Kemaki Kemaki
0
Kemaki
Kakekane Kakekane
1
Kakekane

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format