Lima Langkah Sepele Peretasan Situs Dewan Pers


Tampilan salah satu sub domain situs Dewan Pers yang diretas. (foto: gambangsemarang.com)

Tanggal 9 Februari ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional. Padahal tanggal itu sebenarnya bukan lahirnya Pers nasional, namun berdirinya oraganisasi wartawan bernama PWI (ini nama sebenarnya).

Bareng dengan itu, pada puncak peringatan HPN ternyata ketua PWI mengajak masyarakat memilih Pakdhe Jokowi dalam pemilihan Presiden tahun 2019. Ini aneh, karena tahun itu belum tiba dan Pakdhe Jokowi juga belum tentu maju.

Oke. Kisah itu mungkin nggak menarik. Kisah politik di Indonesia selalu lucu dan aneh.

Nah, yang menarik adalah, situs Dewan Pers diretas alias dibajak. Oleh siapa? Ya tentu saja hacker, mosok oleh tukang tahu bulat. Kenthir neh kuwi.

Di situs Liputan6.com, dikabarkan bahawa peretas sudah ditangkap. Eh itu berita lapan bulan lalu ya? Jadi belum ditangkap ya? Yang jelas tak ada satupun portal berita yang memberitakan langkah-langkah si peretas sehingga berhasil meretas situs yang menjadi panduan etis para wartawan di Indonesia.

Nah, berikut ada bocoran, bahwa peretasan itu dilakukan dengan sangat gampang. Hanya butuh lima langkah saja. Mirip lagu Dangdut berjudul “Pacar Lima Langkah”

Langkah 1.

Si peretas menyalakan komputer/laptop. Ini adalah langkah awal. Hanya melalui langkah ini peretasan bisa dilakukan. Peretasan tak mungkin dilakukan jika si peretas menyalakan kompor atau menyalakan lampu.

Langkah 2.

Si peretas menghubungkan komputer/laptopnya dengan internet. Langkah kedua ini, juga harus dilakukan sebab jika yang dihubungi adalah mantan, yang terjadi bukan peretasan, namun malah membuka peluang balikan.

Langkah kedua ini juga menegaskan bahwa membuat koneksi internet memang sangat mudah. Bahkan anak-anak kecil saja sekarang sudah bisa kok.

Langkah 3.

Peretas membuka browser atau program yang berhubungan dengan situs yang hendak diretas. Si peretas sadar bahwa membuka browser atau program situs adalah sebuah langkah vital untuk meretas.

Bedakan dengan membuka pakaian, yang terjadi malah berurusan dengan alat vital nanti. Bahaya.

Langkah 4.

Peretas membajak situs Dewan Pers dan mengganti perwajahan salah satu sub domain. Selain itu, server dari situs itu juga dimatikan sehingga tidak bisa diakses oleh siapapun.

Peretas hanya meninggalkan jejak berupa gambar wanita seksi, tapi masih berpakaian komplit lho. Jangan punya ekspektasi lebih.

Langkah 5.

Usai meretas, komputer atau laptop peretas dimatikan karena nggak punya pekerjaan lain. Kalau ia mau mainan Facebook, Twitter, atau Instagram, cukup pake gadged saja.

Hanya dengan lima langkah simpel itu, ternyata si peretas sudah sukses memberi kado istimewa pada peringatan HPN 2018. Gampang kan?

 

What's Your Reaction?

Mewek Mewek
0
Mewek
njelehi njelehi
0
njelehi
Hajinguk Hajinguk
3
Hajinguk
Njengkelke Njengkelke
0
Njengkelke
apik boss apik boss
0
apik boss
Ngekek Ngekek
3
Ngekek
Aseek Aseek
1
Aseek
Kemaki Kemaki
0
Kemaki
Kakekane Kakekane
0
Kakekane

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format