Soal Banjir, Mbok Jangan Maido Mas Ganjar dan Om Dirman


Ganjar Pranowo menaiki perahu karet ketika meninjau korban banjir di Sayung. (foto: gambangsemarang.com / sindonews.com)

“Apa-apa dicurigai pencitraan. Sing bener kowe ndes?”

Setelah cuti, mas Ganjar Pranowo langsung sibuk berkampanye. Blio mengambil cuti dari jabatannya sebagai gubernur. Cuti ndes…cuti. Biar nggak dicurigai memanfaatkan fasilitas negara untuk kampanye. Catat !!!.

Nah, kabar terakhir, blio mas Ganjar ini berkampanye di Sayung dengan menyapa warga korban banjir. Wow. Keren. Coba kalau blio nggak cuti dan nggak kampanye, mana sempat. Tugas Gubernur banyak banget, jadwal padat.

Kalau harus naik perahu karet, dan diiring para pengikutnya yang berbasah njegur banjir, itu sangat wajar. Lumrah. Mas Ganjar kan padat banget jadwalnya. Mosok harus salin, ucul-ucul celana dalam mobil. Berat para rawuh, berat.

Mas Ganjar juga trengginas. Blio langsung setuju dengan usulan pengadaan pompa air untuk mempercepat pengeringan genangan. Tentu lewat Balai Besar Wilayah Sungai-sungai (BBWS). Lha kalau pengadaan sendiri, mana mau mampu. Larang ndes, Rp 450 juta per unit.

Ada pula tindakan trengginas mas Ganjar. Melihat warga repot membuat tanggul sungai yang lebih tinggi dari jalan, blio langsung mengambil henpon dan menelepon Bupati Demak, minta DPU segera kirim alat berat.

Bayangkan saja, cuti dari gubernur dan masih berstatus calon saja sudah bisa meminta seorang bupati untuk membantu dan peduli rakyat kecil. Apalagi jika sudah jadi gubernur kedua nanti. Tanpa diminta, hanya baca media pasti sudah langsung action.

Sudirman said meninjau lokasi banjir di Tegal. (foto : gambangsemarang.com / pks)

Hal yang sama juga dilakukan Sudirman Said. Om Dirman yang asal Brebes ini pada hari pertama kampanye juga harus cincing kathok. Njegur ke lokasi banjir di Tegal.

Bedanya, Om Dirman baru sebatas menggali informasi, mengumpulkan data dan mempelajari aturan yang ada. Om Dirman nggak mampu telpon bupati memerintahkan ini itu. Ini perbedaan sing cetho ndes. Paham.

Om Dirman nggak pakai perahu karet karena ada alasannya. Jelas bukan karena ingin berbasah agar bernasib sama. Tapi kalau pake perahu karet malah koyo wong edan. Lha banjire gak sedalam yang dikunjungi mas Ganjar kok.

Tapi yang menarik justru tanggapan masyarakat. Lha mas Ganjar dan Om Dirman itu sungguh-sungguh ingin menghilangkan banjir dengan awal belanja data dan informasi lha kok malah dianggap pencitraan.

“Halah pencitraan itu. Kemarin-kemarin waktu belum cuti kok nggak langsung bikin kebijakan?”

Lha ya jelas, kemarin-kemarin banjirnya nggak separah sekarang. Ingat jadi gubernur itu urusannya banyak. Harus ngurus polemik pendirian pabrik semen di pegunungan Kendeng, harus mengkaji sebelum mengeluarkan ijin ini itu.

Belum lagi persoalan pribadi. Mas Ganjar kan taat hukum. Harus bersaksi kasus E-KTP. Dan masih banyak lagi urusannya.

“Satunya juga sama saja. Pasang muka serius, pura-pura mendengarkan korban banjir.”

Ealah, jaman now mbok ya jangan maido. Om Dirman pernah ke Tegal sebelumnya dan nggak ke korban banjir, karena memang Tegal nggak banjir. Pencitraan ini tudingan yang ngawur. Selain itu Om Dirman sebagai calon gubernur sekarang jelas sibuk banget. Undangan deklarasi dukungan ini itu menumpuk. Nggak percaya? Ya sudah.

Sebenarnya, apapun yang dilakukan mas Ganjar dan Om Dirman itu masih sebatas kewajaran kok. Yang nggak wajar itu kalau korban banjir kok malah dijadikan obyek kampanye. Yang nggak wajar itu jaman now masih bersikap apolitis dan nggak ikutan milih. Nanti saat punya gubernur baru, menemukan ketidakberesan trus ikut-ikutan ngritik, ikut-ikutan nuntut. Kenthir ndes…. []

What's Your Reaction?

Mewek Mewek
0
Mewek
njelehi njelehi
0
njelehi
Hajinguk Hajinguk
1
Hajinguk
Njengkelke Njengkelke
0
Njengkelke
apik boss apik boss
3
apik boss
Ngekek Ngekek
6
Ngekek
Aseek Aseek
0
Aseek
Kemaki Kemaki
0
Kemaki
Kakekane Kakekane
1
Kakekane

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format