Ternyata Ada Perubahan Bulan Setelah Gerhana


Super Blue Blood Moon difoto dengan latar semak. (foto : gambangsemarang.com / elitedaily.com)

Super Blue Blood Moon yang tergolong fenomena alam langka, ternyata membawa perubahan nyata. Baik bagi penghuni bumi, maupun bagi bulan itu sendiri.

Ada perubahan yang baik bagi manusia, namun ada juga perubahan yang dianggap tidak menguntungkan. Semua perubahan itu memang tetap harus disyukuri.

Fenomena alam langka ini merupakan gabungan tiga peristiwa semesta. Pertama adalah Super Moon. Ini adalah fenomena dimana jarak bulan dengan bumi berada di titik terdekat. Dalam kondisi ini, pengaruh gravitasi bulan terasa karena air pasang naik menjadi lebih tinggi.

Fenomena kedua adalah Blue Moon atau Bulan Biru. Ini adalah fenomena alam dimana bulan mengalami purnama dua kali dalam bulan yang sama. Tentu ini menjadi menarik karena tak setiap hari terjadi. Bukankah datang bulan saja juga tak setiap hari?

Fenomena ketiga adalah Blood Moon atau Bulan Darah. Eits, jangan berpikir yang bukan-bukan. Ini bukan persoalan siklus 28 hari para cewek. Bulan darah adalah bulan berwarna merah darah.

Fenomena itu bahkan sampai disikapi Pemkab Brebes dengan membangun posko rob. Ramalan BMKG yang menyebutkan peluang terjadinya air pasang naik, mengharuskan Pemkab Brebes mengeluarkan uang rakyat untuk beberapa kali rapat membangun posko itu.

Nah peristiwa tanggal 31 januari 2018 adalah gabungan ketiganya. Keren kan?

Baiklah, sekarang soal perubahan. Setelah gerhana bulan total (GBT) banyak perubahan. Baik yang positif maupun negatif bagi manusia. Perubahan paling nyata adalah bagi karyawan yang gajian tanggal satu setiap bulannya, sebelum gerhana mereka persediaan uangnya sudah menipis. Setelah gerhana, karena sudah gajian, persediaan duitnya jadi lebih banyak.

Perubahan lainnya, yang berulang tahun pada 1 Februari, umurnya menjadi bertambah sekaligus jatah hidupnya berkurang. Jika sebelum gerhana umur mereka belum genap, maka hanya beberapa jam setelah gerhana, umur mereka sudah genap.

Yang paling nyata dan bisa dirasakan adalah perubahan pada bulan itu sendiri. Jika sebelum gerhana kita berada pada bulan Januari, setelah gerhana kita sudah berada di bulan Februari.

Keren kan? Ayo berbagi ceritamu karena masih banyak perubahan sebelum dan sesudah gerhana. Sejatinya yang tak pernah berubah adalah perubahan itu sendiri.

 

 

What's Your Reaction?

Mewek Mewek
1
Mewek
njelehi njelehi
0
njelehi
Hajinguk Hajinguk
2
Hajinguk
Njengkelke Njengkelke
0
Njengkelke
apik boss apik boss
1
apik boss
Ngekek Ngekek
1
Ngekek
Aseek Aseek
1
Aseek
Kemaki Kemaki
1
Kemaki
Kakekane Kakekane
0
Kakekane

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format