Trio Didi, Via Vallen, Nella Kharisma Jadi Penyebab Impor Beras


Nella Kharisma, pelantun hits “Suket Teki”. (foto: gambangsemarang.com/playmusic18)

Menteri Perdagangan dari kabinet Gotong Royong, Enggartiasto Lukito sudah mensahkan impor beras. Ngakunya beras khusus dan ditujukan untuk menstabilkan harga beras dalam negeri.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang sejak awal gigih menolak impor untuk melindungi nasib petani, justru diam ketika kran impor dibuka. Para pengamat sibuk berkomentar, ya begitulah tugas komentator. Kalau nggak komentar, nanti media akan kosong. Celakanya, yang menjadi jurnalis juga tak kalah ngehek, semua-muanya dimintakan pendapat komentator, yang kemudian mereka nisbatkan sebagai pakar.

Kebijakan impor beras ini, cukup meresahkan petani dari desa Ngeluk, Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan yang awalnya gembira karena kini nyaris sebulan sekali panen, tiba-tiba harus ngaplo. Harga beras yang tinggi saat musim panen, akan digilas oleh beras impor.

Tapi nanti dulu. Benarkah para petani itu ngaplo?

Wong nyatanya saat bekerja di sawah masih bisa nyetel radio. Tak tanggung-tanggung lagunya Campursari hingga dangdut koplo. Beras mahal, panen berlimpah tapi harga ngedrop, semua akan selesai dengan goyang.

“Iyalah. Kalau ada masalah, yang diselesaikan harusnya masalahnya, bukan hubungannya,” begitu kira-kira prinsip hidup mereka.

Periuk nasi yang digoyang beras impor ini, tentu saja ancamannya lebih serius dibanding goyang artis Pantura Ana Velisha. Si goyang Ratu Kempit ini memang hot, namun itu sebatas di panggung dan tak mengancam stabilitas rumah tangga. Bandingkan dengan goyangan Menteri Perdagangan yang pasti akan memperngaruhi pendapatan para petani desa Ngeluk ini.

Jika artis-artis Pantura, mulai Uut Selly, Ana Velisha, Lia Cappucino, Titin Kaharisma hingga Shasha Aneska bergoyang, guncangan rumah tangga hanya dirasakan bagi kaum suami yang suka nyawer. Itupun jika ketahuan.

Bandingkan dengan goyangan Menteri Perdagangan yang bisa membuat berantakan program banyak keluarga petani. Yang awalnya ingin membeli sepeda motor untuk anaknya yang kuliah di kota, harus batal. Sang anak pun akhirnya gagal mendapat pacar.

Efek masih berlanjut, karena jomblo, sang anak kemudian jadi malas-malasan kuliah karena alasan tak ada yang bisa ditemui dan membuatnya gembira saat di kampus. Ini diperburuk dengan telatnya bayar kuliah, karena hasil panenan sangat murah setelah dihantam beras impor.

“Itu baru satu keluarga petani dengan atu anak yang kuliah mas bray. Di desa Ngeluk ini ada puluhan yang kuliah. Di Penawangan sudah ada ratusan, dan di Purwodadi mungkin ribuan. Serem kan?”

Namun sebagai penggemar Dangdut Koplo, Campursari, dan musik-musik lokal rakyat, petani itu akhirnya menemukan sumber masalahnya. Tanpa melalui riset yang menghabiskan uang negara milyaran rupiah, mereka menyimpulkan bahwa penyebab mantapnya Enggartiasto Lukito memutuskan impor beras adalah Didi Kempot, Via Vallen, dan Nella Kharisma.

Enggartiasto yang tak pernah mendengar Campursari dan dangdut koplo ini, konon mendengar selarik lagu ngetop berjudul “Suket Teki”. Lagu yang sudah dicipta beberapa waktu lalu ini, mendadak hits kembali setelah dinyanyikan Via Vallen dan Nella Kharisma.

Ketika hits itulah, Enggartiasto yang jarang bersantai mendengar penggalan lyric “Tak tandur pari jebul tukule suket teki.”

Enggar tak perlu berpikir panjang. Ia memang hanya mendengar satu kalimat terakhir. Dan blionya ini langsung menyimpulkan bahwa petani gagal panen karena persawahan yang ditanami padi ternyata tumbuhnya suket teki.

Gagal tanam itu, dikhawatirkan akan membawa dampak lebih luas ketika harga beras naik. Makanya kran impor beras pun dibuka.

Paham? Kalau nggak ya sama.

What's Your Reaction?

Mewek Mewek
0
Mewek
njelehi njelehi
1
njelehi
Hajinguk Hajinguk
0
Hajinguk
Njengkelke Njengkelke
0
Njengkelke
apik boss apik boss
0
apik boss
Ngekek Ngekek
0
Ngekek
Aseek Aseek
0
Aseek
Kemaki Kemaki
0
Kemaki
Kakekane Kakekane
0
Kakekane

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format